Sekolah : SDN Gambir
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI (enam) / I (satu)
I. Standar Kompetensi :
4. Menggunakan pikiran , perasaan , dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan,dialog, dan parafrase
II. Kompetensi Dasar
4.1 Mengisi formulir ( pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup , dan lain-lain.) dengan benar.
III. Indikator Pencapaian KD :.
- Menyebutkan jenis-jenis formulir
- Mengidentifikasi ciri-ciri formulir daftar riwayat hidup
- Mengisi formulir daftar riwayat hidup sesuai dengan aturan penulisannya.
IV. Tujuan Pembelajaran :
Melalui penjelasan, penugasan dan latihan peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis formulir dan dapat mengisi formulir daftar riwayat hidup dengan baik dan benar.
V. Materi Pokok
- Formulir adalah lembar atau surat yang harus diisi
- Jenis – jenis formulir bermacam macam diantaranya adalah formulir pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos , daftar riwayat hidup, dan slip tabungan
- Dari daftar riwayat hidup kita akan mengetahui lebih banyak perjalanan kehidupan seseorang .
- Daftar riwayat hidup dapat berbentuk formulir maupun narasi
- Biasanya formulir daftar riwayat hidup digunakan untuk keperluan mendaftarkan diri atau pelengkap dalam surat lamaran pekerjaan
- Hal – hal penting yang tercantum dalam daftar riwayat hidup adalah
a. Nama
b. Tempat tanggal lahir
c. Umur
d. Agama
e. Riwayat Pendidikan
Selain hal – hal tersebut , dapat pula kamu cantumkan hal – hal yang menurutmu perlu. Misalnya daftar prestasi , data keluarga, hobi, dan moto hidup
VI. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
VII. Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, penugasan, dan latihan
VIII. Kegiatan Pembelajaran.
A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
Menyiapkan peserta didik kedalam situasi belajar yang kondusif
Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
B. Kegiatan Inti. (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
a. Menjelaskan tentang formulir
b. Memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai jenis-jenis formulir
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi sehingga memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan Penutup (10 menit).
Guru Bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Melakukan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik individu atau kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Menyampaikan rencana pelajaran pada pertemuan berikutnya.
IX. Penilaian Hasil Belajar :
a. Prosedur :
Penilaian proses
Penilaian hasil belajar (post tes)
b. Bentuk tes :
Isian
c. Teknik Penilaian :
Tertulis
Pengamatan
d. Alat tes
Isilah Daftar Riwayat Hidup berikut ini dengan data pribadimu !
Kriteria Penilaian
X. Sumber
Belajar/alat/Bahan : Buku Bahasa
Indonesia VI BSE, Formulir Daftar
Riwayat Hidup.
LEMBAR KERJA
Isilah formulir
daftar riwayat hidup di
bawah ini
dengan data pribadimu !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar